Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan
blog-img-10

Posted by : Administrator

SALAH KAPRAH! BEGINI SEHARUSNYA MENYIMPAN OBAT YANG BENAR!

Menjadi hal yang lumrah bagi kita apabila sakit, memutuskan berobat. Melakukan hal terbaik untuk kembali sehat. Setiap orang memiliki pilihannya masing-masing. Hingga saat ini masih kita temui, sebagian orang yang tetap memilih mengobati dirinya sendiri dengan racikan leluhur turun temurun. Adapula yang tetap enggan berkonsultasi dengan dokter karena meyakini lama-kelamaan sakitnya akan sembuh sendiri hanya dengan mengistirahatkan badannya saja. Pilihan lain yang tak kalah jarang dilakukan bagi si sakit adalah menyegerakan diri pergi menuju fasilitas kesehatan yang terdekat.

Langkah-langkah tersebut mudah saja dilakukan jika kitalah yang sakit, namun bagaimana jika penyakit dengan ‘bandel’-nya menyerang buah hati kita? Tentu kita akan secepat mungkin menemui dokter bukan? Seusai tuntas ditangani dokter, maka hal yang tak kalah penting lainnya adalah menjaga obat tetap dalam keadaan baik untuk diminum sampai minimal anak kita sembuh dari penyakitnya. Tentu menjadi tanggung jawab bagi orang tua untuk memahami bagaimana cara menyimpan obat yang benar. Realitanya, saat ini masih masih ada saja masyarakat yang menyimpan obat di dalam kulkas. Salah kaprah! Tidak semua obat baik untuk disimpan dalam suhu kulkas. Berikut ini cara penyimpanan obat yang benar :

A. Simpan obat sesuai dengan aturan yang tertera pada kemasan obat tersebut
Setiap jenis sediaan obat memiliki ketentuan penyimpanan masing-masing. Bentuk sediaan obat kapsul dengan sirup tentu berbeda. Menjadi hal yang penting bagi kita untuk lebih teliti memperhatikan brosur atau leaflet yang umumnya dilampirkan pada kemasan sekunder obat. Tak jarang cara penyimpanan obat juga tertulis pada kemasan primer obat, misal pada botolnya. Jika memang diarahkan untuk disimpan pada lemari pendingin, maka jangan sesekali meletakannya pada freezer.

B. Jauhkan dari sinar matahari langsung, lembab dan suhu tinggi
Bila lokasi penyimpanan obat terkena paparan panas dan dingin sehingga menyebabkan obat-obatan dapat berubah secara fisik, maka obat berpotensi kehilangan khasiat atau bahkan mengancam kesehatan bagi yang mengonsumsinya. Maka dari itu, disarankan obat disimpan pada tempat yang terlindung dari cahaya matahari. Selain itu, obat dengan sediaan kapsul tidak dianjurkan diletakkan pada tempat yang lembab karena kapsul bersifat higroskopis, yakni mampu menyerap air. Jika kapsul diletakkan pada tempat yang lembab, maka obat akan rusak.
Hal lain yang harus diperhatikan adalah suhu penyimpanan. Ketika disimpan di dalam kulkas, maka suhu penyimpanan obat di bawah 8? C dan itu malah membuat obat menggumpal. Jika dikonsumsi obat yang sudah menggumpal ini, maka berakibat pada efektivitas obat. Obat tidak bisa sembarangan disimpan dan suhu penyimpanan obat tidak bisa disamaratakan satu dengan yang lainnya.

C. Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak
Obat sebaiknya diletakkan pada lemari tertutup yang terkunci rapat sehingga tidak mudah dijangkau oleh anak-anak dan mengurangi angka kejadian penyalahgunaan obat oleh ketidaktahuan anak-anak.

D. Simpan obat dalam kemasan asli dengan etiket yang masih lengkap
Dalam hal ini, jika obat tidak habis dikonsumsi, usahakan bagian obat dalam bentuk kemasan strip yang tersisa adalah bagian yang tercantum tanggal kadaluarsanya sehingga saat akan dikonsumsi di waktu yang lain tidak akan melewati waktu kadaluarsa. Obat tetap aman diminum.

Itulah beberapa langkah penyimpanan obat yang benar. Sudahkah Anda sebagai orang tua menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari? Tidak bisa dipungkiri, kita sebagai orang tua adalah gerbang bagi kesembuhan sang anak. Campur tangan kita memang diwajibkan ada pada setiap langkah keselamatan anak kita sendiri. Jika anak kembali sehat, maka kitalah yang bahagia bukan? Yuk, Jadilah orang tua yang cerdas menyimpan obat!

 

Sumber Gambar : https://blog.apotekdigital.com/pengelolaan-sediaan-farmasi-di-apotek/

Narasi : Elmia Purnama Sari

Penyunting : HGS